Ongkos Gaya Hidup Gen Z dan Milenial Perkotaan Meningkat, Kesehatan Finansial Terancam
Kaum muda cenderung membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang bermerek serta hiburan bersenang-senang.
Dalam membelanjakan uangnya, kaum muda cenderung memilih barang-barang bermerek serta berorientasi pada hiburan dan bersenang-senang. Hasil survei Financial Fitness Index 2024 menyingkap fenomena bahwa 4 dari 10 kaum muda urban memiliki kebiasaan menabung untuk berbelanja barang bermerek, liburan, dan menonton konser. Selain bersumber dari dana simpanan, kesenangan konsumsi kebutuhan tersier itu juga didapat dengan berutang dari orang-orang terdekatnya. Apabila terus berlanjut, gaya hidup ini berpotensi menimbulkan permasalahan finansial yang pelik.
Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya hidup memiliki makna pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Kata kunci yang perlu digaris bawahi adalah pada bagian ”segolongan manusia”. Dari situ dapat dimaknai bahwa gaya hidup bukanlah sesuatu yang dijalani oleh individu secara soliter atau sendirian, melainkan hasil dari interaksi sosial antarmanusia.