logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMembaiknya Pelayanan Publik...
Iklan

Membaiknya Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital di Indonesia

Upaya pemerintah melakukan transformasi digital membuahkan hasil positif yang kian memudahkan layanan bagi masyarakat.

Oleh
DEBORA LAKSMI INDRASWARI
Β· 1 menit baca
Petugas membantu warga mengaktivasi Mobile JKN di konter layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Baiman Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (25/7/2024). Layanan BPJS Kesehatan di MPP Banjarmasin merupakan bentuk transformasi mutu layanan agar warga mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan prima.
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Petugas membantu warga mengaktivasi Mobile JKN di konter layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Baiman Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (25/7/2024). Layanan BPJS Kesehatan di MPP Banjarmasin merupakan bentuk transformasi mutu layanan agar warga mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan prima.

Upaya pemerintah melakukan transformasi digital membuahkan hasil positif yang kian memudahkan layanan bagi masyarakat. Sebagian besar masyarakat merasa terbantu dari pelayanan publik berbasis teknologi digital atau daring itu sehingga jumlah pengguna manfaatnya pun semakin meningkat.

Kenyataan tersebut tertangkap dari hasil jajak pendapat Kompas pada pertengahan Juli 2024 terkait layanan pemerintah yang memanfaatkan teknologi digital di seluruh provinsi di Indonesia. Sebagian besar responden hingga 61,7 persen mengaku mengakses pelayanan publik berbasis digital. Di mana, sekitar 20 persen di antaranya menyatakan sering memanfaatkan platform pelayanan publik secara daring. Sekitar 40 persen responden lainnya hanya sesekali saja menggunakan layanan digital itu.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan