Membaiknya Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital di Indonesia
Upaya pemerintah melakukan transformasi digital membuahkan hasil positif yang kian memudahkan layanan bagi masyarakat.
Upaya pemerintah melakukan transformasi digital membuahkan hasil positif yang kian memudahkan layanan bagi masyarakat. Sebagian besar masyarakat merasa terbantu dari pelayanan publik berbasis teknologi digital atau daring itu sehingga jumlah pengguna manfaatnya pun semakin meningkat.
Kenyataan tersebut tertangkap dari hasil jajak pendapat Kompas pada pertengahan Juli 2024 terkait layanan pemerintah yang memanfaatkan teknologi digital di seluruh provinsi di Indonesia. Sebagian besar responden hingga 61,7 persen mengaku mengakses pelayanan publik berbasis digital. Di mana, sekitar 20 persen di antaranya menyatakan sering memanfaatkan platform pelayanan publik secara daring. Sekitar 40 persen responden lainnya hanya sesekali saja menggunakan layanan digital itu.