logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMenyelami Perilaku Konsumsi...
Iklan

Menyelami Perilaku Konsumsi dan Literasi Keuangan Gen Z

Generasi Z dihadapkan pada rendahnya literasi keuangan yang berpotensi menurunkan kualitas pengelolaan finansial.

Oleh
ANTONIUS PURWANTO
Β· 0 menit baca
Pembawa siaran menawarkan produk melalui layanan <i>live shooping</i> media sosial di kantor Social Bread, Tangerang, Banten, Selasa (8/8/2023). Tren <i>live shopping</i> atau berbelanja dan berjualan melalui fitur <i>live streaming</i> kini semakin populer di kalangan masyarakat.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pembawa siaran menawarkan produk melalui layanan live shooping media sosial di kantor Social Bread, Tangerang, Banten, Selasa (8/8/2023). Tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming kini semakin populer di kalangan masyarakat.

Hadirnya gen Z telah mendefinisikan ulang lanskap konsumen dengan karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Namun, di sisi lain, generasi ini juga dihadapkan pada rendahnya literasi keuangan.

Generasi Z yang juga dikenal sebagai pasca-milenial atau Zoomer adalah kelompok demografis yang semakin memainkan peran penting dalam perekonomian global. Di berbagai negara, kelompok ini sangat dominan dari segi populasi, terutama di beberapa negara yang sedang mengalami bonus demografi.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan