logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊBelenggu Kemiskinan di Tengah ...
Iklan

Belenggu Kemiskinan di Tengah Kekayaan Lautan Maluku-Papua

Besarnya potensi perikanan laut di kawasan Indonesia timur belum membuat nelayan di wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat hidup sejahtera.

Oleh
AGUSTINA PURWANTI
Β· 0 menit baca
Perahu nelayan dengan latar bukit yang mulai ditambang di Teluk Buli, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.
KOMPAS/DANU KUSWORO

Perahu nelayan dengan latar bukit yang mulai ditambang di Teluk Buli, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

Dikelilingi sumber daya laut yang melimpah tak lantas membuat nelayan di pesisir timur Indonesia hidup sejahtera. Keberpihakan pemerintah pada pejuang laut ini dinantikan agar ironi kemiskinan di balik kekayaan sumber daya alam dapat segera diakhiri.

Laut merupakan kekayaan absolut bagi Indonesia. Tiga perempat bagian wilayah Nusantara berupa lautan dengan jutaan potensinya. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 19 Tahun 2022 menyebutkan, estimasi sumber daya ikan Indonesia mencapai 12,01 juta ton per tahun. Jumlah tersebut akumulasi dari 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI). Dari jumlah tersebut, jumlah tangkapan ikan yang diperbolehkan (JTB) sekitar 8,6 juta ton per tahun.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan