Kontribusi Audiens Menjaga Kualitas Jurnalisme
Agar memperoleh berita berkualitas, audiens perlu berkontribusi dalam mengakses media. Modelnya bisa dengan berlangganan ataupun berdonasi untuk keberlangsungan perusahaan pers.
Keberlangsungan perusahaan pers selama ini ditopang dua sumber pendapatan yang utama, yaitu dari iklan dan pemasukan dari pelanggan. Dalam publikasi Reuters Institute yang berjudul โJournalism, Media, and Technology Trends and Predictions 2023โ disebutkan, 80 persen perusahaan pers di dunia masih mengandalkan pendapatan utama dari iklan.
Namun, porsi belanja iklan global telah bergeser. Hal ini tampak dari data UNESCO pada periode 2010-2021. Satu dekade silam televisi menjadi primadona para pengiklan dengan meraup 36,7 persen dari nilai belanja iklan dunia. Selanjutnya koran cetak 22,9 persen, platform internet dan digital 14,8 persen, serta majalah 10,3 persen.