logo Kompas.id
โ€บ
Risetโ€บKontribusi Audiens Menjaga...
Iklan

Kontribusi Audiens Menjaga Kualitas Jurnalisme

Agar memperoleh berita berkualitas, audiens perlu berkontribusi dalam mengakses media. Modelnya bisa dengan berlangganan ataupun berdonasi untuk keberlangsungan perusahaan pers.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
ยท 1 menit baca
Tangkapan layar dari akun Instagram @imahbabaturan yang diambil di Bandung (28/7/2020). Warung Kopi Imah Babaturan membagikan koran untuk 30 pelanggan pertama setiap hari Sabtu dan Minggu. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi unik dari tempat makan ini sekaligus untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Tangkapan layar dari akun Instagram @imahbabaturan yang diambil di Bandung (28/7/2020). Warung Kopi Imah Babaturan membagikan koran untuk 30 pelanggan pertama setiap hari Sabtu dan Minggu. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi unik dari tempat makan ini sekaligus untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Keberlangsungan perusahaan pers selama ini ditopang dua sumber pendapatan yang utama, yaitu dari iklan dan pemasukan dari pelanggan. Dalam publikasi Reuters Institute yang berjudul โ€Journalism, Media, and Technology Trends and Predictions 2023โ€ disebutkan, 80 persen perusahaan pers di dunia masih mengandalkan pendapatan utama dari iklan.

Namun, porsi belanja iklan global telah bergeser. Hal ini tampak dari data UNESCO pada periode 2010-2021. Satu dekade silam televisi menjadi primadona para pengiklan dengan meraup 36,7 persen dari nilai belanja iklan dunia. Selanjutnya koran cetak 22,9 persen, platform internet dan digital 14,8 persen, serta majalah 10,3 persen.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan