logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMemahami Sembilan Kluster...
Iklan

Memahami Sembilan Kluster Perilaku Audiens Berita Digital

Munculnya keragaman audiens berita digital didorong oleh perkembangan teknologi digital yang begitu cepat. Dengan mengenali perilaku audiens, perusahaan media dapat mengakomodasi keragaman konten dan kemasan beritanya.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/XlNuHvMBJcg_71TusE2cpGRKmrk=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2FDSC08575_1634822528.jpg
KOMPAS/YOHANES ADVENT KRISDAMARJATI

Yo Warga mengakses laman Kompas.id yang merupakan salah satu portal berita berbayar yang ada di Indonesia, Kamis (21/10/2021).

Perilaku audiens dalam mengakses berita digital sangat beragam. Keragaman ini didorong perubahan ekosistem informasi digital yang begitu cepat. Dengan mengenali kluster perilaku audiens, perusahaan media dapat mengakomodasi keragaman konten dan kemasan berita yang cocok untuk audiens yang akan dilayani.

Era informasi digital menempatkan audiens dan pelaku bermedia pada perubahan yang begitu cepat. Pada masa booming internet dan dot com sejak 1990-an, berbagai media massa konvensional beramai-ramai membangun platform daring. Rangkaian peristiwa ini diteruskan dengan kemunculan media sosial pada dekade 2000-an dan terus berkembang hingga kini.

Editor:
yogaprasetyo
Bagikan