Capaian Angka Indeks Membaik, namun …
Birokrasi sebagai “alat administrasi” negara bertugas menciptakan kesejahteraan rakyat dengan melayani warga negara. Peran birokrasi penting sebagai pamong yang melayani publik, bukan priayi yang minta dilayani.
Grand Design Reformasi Birokrasi (GDRB) menginginkan pada 2019 birokrasi diharapkan sudah sampai pada tahap kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, dan bebas korupsi, kolusi, serta nepotisme. Pelayanan publik juga diharapkan sudah memenuhi harapan masyarakat sehingga siap ”melejit” ke pemerintahan kelas dunia.
Namun, berbagai ukuran indikator menunjukkan harapan itu belum memuaskan. Tulisan ini mencoba melihat capaian itu secara kuantitatif berdasarkan tiga arahan dalam grand design, yaitu kemampuan bebas dari KKN, kualitas pelayanan publik dan kapasitas-akuntabilitas birokrasi.