logo Kompas.id
โ€บ
Risetโ€บPeluang Bisnis Waralaba Lokal ...
Iklan

Peluang Bisnis Waralaba Lokal di Tengah Pandemi

Dalam waktu singkat, pandemi Covid-19 memaksa waralaba asing menutup sejumlah gerainya di Indonesia. Bagaimana dengan nasib waralaba lokal?

Oleh
BIMA BASKARA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/IiP1YJ67kjGouXnro8NWh1PNeII=/1024x655/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2Fa17663d6-26cf-4121-85a8-b9c151c76787_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Pengunjung mencari informasi waralaba dalam pameran bisnis waralaba tahunan, Franchise & License Expo Indonesia, Retail & Solution Expo Indonesia, dan Cafe & Brasserie Expo Indonesia di Hall B, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Pusat (13/9/2019). Pameran yang diikuti 20 negara ini menawarkan lebih dari 350 brand waralaba, pendukung usaha ritel dan kafe.

Sistem waralaba sebagai salah satu cara berbisnis masih berpeluang tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Peluang itu bisa terwujud jika pasang-surut waralaba dan juga perbedaannya dengan business opportunity benar-benar dipahami sebelum menjalani bisnis ini.

Pasalnya, tidak sedikit juga waralaba yang merugi besar atau bahkan gulung tikar ketika pandemi Covid-19. Sejumlah bisnis waralaba menutup gerainya akibat dampak Covid-19.

Editor:
yohanwahyu
Bagikan