logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊCeruk Pasar Portal Berbayar di...
Iklan

Ceruk Pasar Portal Berbayar di Tengah Pandemi

Bisnis koran semakin fokus menatap model pembayaran pembaca daring, baik itu berlangganan, keanggotaan, maupun donasi. Model bisnis ini merupakan bagian dari cara bertahan hidup.

Oleh
Andreas Yoga Prasetyo
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/hOVBLUJ7bZeZy1f7fJa7H3bHgNE=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F20200628_ENGLISH-JURNALISME_B_web_1593350629.jpg
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Berbagai koran dengan aneka berita utama, di Jakarta, Mei 2019.

Publik menaruh kepercayaan tinggi pada liputan Covid-19 oleh perusahaan media. Kepercayaan ini juga membuka minat publik membayar berita daring.

Munculnya kepercayaan publik pada liputan media terkait Covid-19 terlihat dari hasil penelitian Reuters Institute Digital News Report 2020 di 40 negara yang tersebar di benua Eropa, Amerika, Asia, Australia, dan Afrika. Riset menemukan, pada April 2020 sebanyak 6 dari 10 responden yang disurvei menaruh kepercayaan kepada berita yang dihasilkan organisasi berita.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan