logo Kompas.id
β€Ί
Politikβ€ΊLiberalisasi Turut Menyumbang ...
Iklan

Liberalisasi Turut Menyumbang Keresahan pada Eksistensi Pancasila

Oleh
Madina Nusrat
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ZwNjGorBR8t_vyVmyPj5T1tygkc=/1024x682/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/http%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F05%2F20170521RWN1.jpg
KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA

Warga Kelurahan Kadipiro, Solo, mengusung Garuda Pancasila dalam Parade Kebinekaan yang diadakan dalam rangka ulang tahun hari bebas kendaraan Solo yang ke-7, di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/5).

JAKARTA, KOMPAS β€” Eksistensi Pancasila sebagai ideologi negara kembali ramai diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini terkait dengan adanya gerakan sejumlah kelompok masyarakat yang terindikasi mengganti Pancasila sebagai ideologi negara dengan ideologi lain.

Latar belakang kondisi munculnya keresahan pada eksistensi Pancasila sebagai ideologi negara itu antara lain tergambarkan dalam laporan penelitian mengukur kapasitas kaum demokrat dan aktivis masyarakat sipil di Indonesia untuk mempertahankan demokrasi, hasil kerja sama Universitas Oslo dan Universitas Gadjah Mada yang dimuat di jurnal Prisma Volume 36/2017.

Editor:
Bagikan