logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊPertemuan Paus dan Presiden...
Iklan

Pertemuan Paus dan Presiden Jokowi Buka Peluang Penuntasan Pelanggaran HAM

Kesempatan Paus bertemu Presiden Jokowi bisa jadi momentum mendesak Pemerintah RI penuhi komitmennya di bidang HAM.

Oleh
NORBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR, MAWAR KUSUMA WULAN
Β· 0 menit baca
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Indonesia, Selasa (3/9/2024).
INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/ DANU KUSWORO

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Indonesia, Selasa (3/9/2024).

JAKARTA, KOMPAS β€” Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yang sarat dengan semangat perdamaian dan cinta kasih dinilai menjadi momentum untuk menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia atau HAM berat yang terjadi di masa lalu dan peristiwa pelanggaran HAM akibat pembangunan yang merugikan masyarakat dan lingkungan. Amnesty International Indonesia berharap agar Paus Fransiskus turut mendorong penyelesaian berbagai isu tersebut.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid, dalam keterangan pers, pada Selasa (3/9/2024) menyampaikan, semangat perdamaian, cinta kasih, dan dialog yang selalu disuarakan Paus Fransiskus sangat relevan dengan kondisi dunia yang kini menghadapi perpecahan dan intoleransi. Kedatangan Paus di Indonesia, lanjutnya, menjadi momentum mendesak penyelesaian berbagai pelanggaran HAM berat, termasuk peristiwa pelanggaran HAM akibat kebijakan pembangunan yang tidak adil dan merusak lingkungan.

Editor:
MADINA NUSRAT
Bagikan