logo Kompas.id
โ€บ
Politik & Hukumโ€บRyaas Rasyid: Otonomi Daerah...
Iklan

Ryaas Rasyid: Otonomi Daerah Hampir Gagal

Korupsi yang merajalela menjadi penyebab utama otonomi daerah yang sudah tiga dekade berjalan hampir gagal.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
ยท 1 menit baca
Wakil Ketua DPD Sultan Baktiar Najamudin memberikan pemaparan singkat dalam mengikuti diskusi kelompok terarah yang digelar harian <i>Kompas, </i>di Jakarta, Kamis (4/7/2024).
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Wakil Ketua DPD Sultan Baktiar Najamudin memberikan pemaparan singkat dalam mengikuti diskusi kelompok terarah yang digelar harian Kompas, di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

JAKARTA, KOMPAS โ€” Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri Ryaas Rasyid menegaskan, otonomi daerah hampir gagal setelah berjalan selama tiga dekade. Sejumlah hal menjadi penyebab, mulai dari korupsi yang kian merajalela hingga krisis kepemimpinan di daerah. Tak hanya itu, banyak kewenangan daerah juga telah ditarik ke pemerintah pusat.

โ€Otonomi ini hampir gagal. Saya tidak mau katakan gagal. Tetapi, sebagai orang yang mengetahui pemerintahan, mendalami pemerintahan pusat dan daerah, saya ingin mengatakan, ini hampir gagal,โ€ ujar Ryaas Rasyid dalam diskusi โ€Hampir Tiga Dekade, Otonomi Daerah Apakah Sudah Sesuai Harapan?โ€, Kamis (4/7/2024), di Menara Kompas, Jakarta.

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan