logo Kompas.id
Politik & HukumGangguan Server Merembet ke...
Iklan

Gangguan Server Merembet ke Kegiatan Birokrasi dan Pemerintahan, BBSN Minta Maaf

Kementerian PAN RB mendorong ada ”backup” data untuk mencegah server ”down” di kemudian hari.

Oleh
DENTY PIAWAI NASTITIE
· 1 menit baca
Pemohon pembuatan paspor mengisi formulir di Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024). Sudah hari kelima, server Pusat Data Nasional atau PDN masih terganggu. Gangguan tersebut berdampak terhadap pelayanan pembuatan paspor di kantor imigrasi.
KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Pemohon pembuatan paspor mengisi formulir di Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024). Sudah hari kelima, server Pusat Data Nasional atau PDN masih terganggu. Gangguan tersebut berdampak terhadap pelayanan pembuatan paspor di kantor imigrasi.

JAKARTA, KOMPAS — Gangguan yang terjadi pada server Pusat Data Nasional (PDN) merembet ke berbagai kegiatan pemerintah dan aktivitas layanan publik yang dikerjakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). KemenPAN RB pun mengusulkan adanya backup data untuk mencegah server down lagi di kemudian hari.

Plt Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Akik Dwi Suharto Rudolfus mengatakan, keamanan server seharusnya menjadi hal yang prioritas karena memengaruhi aktivitas kegiatan pemerintah dan berbagai layanan publik. ”Seharusnya, server tidak boleh down, prinsipnya itu. Kita masih berupaya menuju ke arah situ. Hal yang paling penting, begitu down harusnya segera ada langkah-langkah cepat sehingga data tetap bisa diselamatkan,” katanya di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Editor:
SUHARTONO
Bagikan