Kejahatan Siber
BSSN Belum Temukan Akar Masalah Server PDN ”Down”
Hingga hari keempat sejak server PDN ”down”, penyebab gangguan belum juga ditemukan. Analisis masih berlangsung.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F09%2F13%2F4ba80a06-df99-44fa-ac96-bbfb57f849a0_jpg.jpg)
Suasana di kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/9/2022).
JAKARTA, KOMPAS – Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN telah mengirimkan tim lengkap untuk memberikan bantuan penanganan insiden gangguan server Pusat Data Nasional milik Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hingga hari keempat, proses analisis berdasarkan bukti digital masih terus dilakukan, tetapi akar masalah dari terganggunya server PDN belum juga ditemukan. Diharapkan, BSSN dan Kemenkominfo dapat secepatnya memulihkan sistem PDN agar layanan publik tak terganggu sekaligus melacak asal serangan.
Juru Bicara BSSN Ariandi Putra menjelaskan, sejak server Pusat Data Nasional (PDN) terganggu pada Kamis (20/6/2024), BSSN sudah berkoordinasi dengan Kemenkominfo untuk memulihkan sistem. Tim lengkap BSSN dikirim untuk membantu menangani insiden sekaligus menyelidiki penyebab terganggunya sistem PDN melakukan preservasi bukti digital berupa pengumpulan log dan sampel artefak sistem yang terdampak.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 1 dengan judul "Gangguan di Pusat Data Nasional Belum Dapat Diatasi".
Baca Epaper Kompas