logo Kompas.id
OpiniPenggerak ”Elitis”, antara Ya ...
Iklan

Penggerak ”Elitis”, antara Ya dan Tidak

Program yang dibebankan kepada guru dan kepala sekolah penggerak tak ada jaminan sukses, tergantung kondisi kesiapan pendukung seperti kualitas tenaga pendidik, sarana sekolah, peran masyarakat, dan komitmen pemda.

Oleh
BAHTIAR B
· 0 menit baca
Ilustrasi
SUPRIYANTO

Ilustrasi

Menarik opini di Kompas dengan judul ”Penggerak Elitis” oleh Doni Koesoema A (Kompas, 7/6/2023) dan ”Penggerak (Tidak) Elitis” oleh Odemus Bei Witono (Kompas.id, 18/6/2023). Kedua opini membahas seputar guru dan kepala sekolah penggerak bahwa mereka elitis dan tidak elitis.

Program sekolah penggerak berfokus kepada pengembangan hasil belajar secara holistik menyangkut kompetensi literasi dan numerasi serta karakter, diawali dengan sumber daya manusia unggul, yaitu kepala sekolah dan guru dengan harapan percepatan mutu pendidikan bisa lebih cepat dua kali lipat. Untuk itu, maka diselenggarakan perekrutan secara daring (online) bagi kepala sekolah dan guru yang memenuhi syarat untuk dilatih dan dibekali pengetahuan dan keterampilan menjadi kepala sekolah dan guru penggerak. Kini, ribuan guru dan kepala sekolah telah berlabel penggerak.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan