logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊPiala Dunia 2022 sebagai...
Iklan

Piala Dunia 2022 sebagai Ritual

Piala Dunia 2022 memadukan media elektronik dan olahraga berpenonton dalam kegiatan massa yang diritualkan. Esensi ritual Piala Dunia 2022 adalah jalinan emosional pesertanya: pemain dan penontonnya.

Oleh
DEDDY MULYANA
Β· 1 menit baca
Ilustrasi
SUPRIYANTO

Ilustrasi

Final Piala Dunia 2022 akan digelar pada 18 Desember. Meminjam perspektif Michael Real (1982), puncak pertandingan ini adalah tontonan ajaib (mythic spectacle). Miliaran orang akan menyaksikannya, mayoritas melalui televisi.

Menurut Real, tontonan olahraga kolosal menumbuhkan identifikasi personal, memproduksi tipe dasar pahlawan, memusatkan perhatian khalayak, dan menandai ruang dan waktu. Seperti Superbowl (puncak pertandingan tahunan liga sepak bola khas Amerika), Piala Dunia 2022 memadukan media elektronik dan olahraga berpenonton dalam kegiatan massa yang diritualkan.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan