logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊAtensi Bangsa dan Kemajuannya
Iklan

Atensi Bangsa dan Kemajuannya

Menjadi negara maju adalah ambisi kolektif bangsa Indonesia. Untuk itu, pemerintah perlu memilih isu-isu strategis yang mengarahkan energi, pikiran, dan usaha anak bangsa agar Indonesia Maju 2045 terealisasi.

Oleh
BADRI MUNIR SUKOCO
Β· 1 menit baca
Ilustrasi
HERYUNANTO

Ilustrasi

Dinamika global saat ini relatif tinggi. Krisis pangan dan energi, serangan Rusia atas Ukraina, dan ketegangan Amerika Serikat dengan China. Keberagaman topik yang menjadi atensi global tersebut pernah disatukan oleh pandemi Covid-19. Tidak hanya pemimpin negara, politisi, pengusaha, akademisi, masyarakat global pun mencermati perkembangannya. Baik terkait jumlah yang terinfeksi, kematian yang menyertainya, inovasi alat kesehatan, obat-obatan, dan vaksin Covid-19.

Atensi kolektif tersebut mendorong tindakan bersama agar pandemi Covid-19 lekas tertangani dan terkelola dengan efektif. Efektivitas atensi untuk menyatukan sumber daya guna mencapai ambisi kolektif (pandemi Covid-19 berakhir) menarik untuk dicermati. Pembelajaran tersebut saat ini mulai memudar ketika dinamika lokal dan nasional mulai mengemuka.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan