Rousseau, Pendidikan Humaniora, dan Teknologi
Kritik Rousseau bahwa kemajuan ilmu pengetahuan-teknologi dan kesenian memperburuk kodrat manusia yang asalnya baik masih berlaku bagi konteks kita meski tak seluruhnya benar.
Pada 1749, Jean-Jacques Rousseau memenangkan sayembara yang diselenggarakan Akademi Dijon, Perancis, dengan tema โApakah pembaruan ilmu pengetahuan dan kesenian telah menyumbangkan untuk memperburuk atau meningkatkan kesusilaan? Pertanyaan itu dijawab dengan tajam oleh Rousseau bahwa kemajuan ilmu pengetahuan-teknologi dan kesenian menghasilkan ketidaksungguhan, kemunafikan, kesombongan, dan kecongkakan untuk manusia (PA Van der Weij, 2017).
Menurut Rousseau, semua perkembangan tersebut memperburuk kodrat manusia yang asalnya baik dan merayu manusia untuk melakukan segala macam kebejatan. Maka untuk menyelamatkan manusia, hanya ada satu jalan, back to nature (kembali ke keadaan pada awal mula).