logo Kompas.id
โ€บ
Opiniโ€บRousseau, Pendidikan...
Iklan

Rousseau, Pendidikan Humaniora, dan Teknologi

Kritik Rousseau bahwa kemajuan ilmu pengetahuan-teknologi dan kesenian memperburuk kodrat manusia yang asalnya baik masih berlaku bagi konteks kita meski tak seluruhnya benar.

Oleh
ANDREAS MAURENIS PUTRA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/IrEoYy8mvPmM_g6s129pe5XQpPI=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F08%2F02%2Fb6234959-229b-4a76-98c6-4b039a450680_jpg.jpg

Pada 1749, Jean-Jacques Rousseau memenangkan sayembara yang diselenggarakan Akademi Dijon, Perancis, dengan tema โ€Apakah pembaruan ilmu pengetahuan dan kesenian telah menyumbangkan untuk memperburuk atau meningkatkan kesusilaan? Pertanyaan itu dijawab dengan tajam oleh Rousseau bahwa kemajuan ilmu pengetahuan-teknologi dan kesenian menghasilkan ketidaksungguhan, kemunafikan, kesombongan, dan kecongkakan untuk manusia (PA Van der Weij, 2017).

Menurut Rousseau, semua perkembangan tersebut memperburuk kodrat manusia yang asalnya baik dan merayu manusia untuk melakukan segala macam kebejatan. Maka untuk menyelamatkan manusia, hanya ada satu jalan, back to nature (kembali ke keadaan pada awal mula).

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan