Pedagogi Kolaborasi dan Solidaritas
Pandemi membawa kesadaran baru tentang ancaman bencana kemanusiaan dan harapan terhadapan pendidikan untuk menata ulang peta jalan menuju masa depan lebih baik. Perlu kembangkan pedagogi kolaborasi dan solidaritas.
Pandemi Covid-19 selama 2,5 tahun telah menunjukkan kerapuhan sekaligus keterkaitan umat manusia. Momentum pandemi membawa kesadaran baru tentang ancaman bencana kemanusiaan di masa depan dan harapan terhadap pendidikan untuk menata ulang peta jalan menuju masa depan yang lebih baik.
Ketika negara-negara sedang berjuang memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2030, UNESCO menawarkan Visi Pendidikan 2050 dalam dokumen ”Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract for Education” (2021) dan mengajak kita semua untuk memikirkan kembali pendidikan dan menciptakan bentuk masyarakat di masa depan yang kita impikan (Ismunandar, Kompas, 29 Januari 2022).