Menunggu Insentif dan Ekosistem Kendaraan Listrik
Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai hadapi tantangan yang kompleks. Namun, optimisme perlu dibangun dengan dukungan ekosistem kendaraan listrik, regulasi, dan skema insentif yang diperlukan.
Institutions matter, demikian premis utama New Institutional Economics. Norwegia membuktikan ungkapan ini dan sukses memimpin penggunaan kendaraan listrik di dunia.
Institusi di sini dalam arti peraturan formal atau rules of the games, khususnya kebijakan/regulasi yang memang didesain sebagai skema insentif untuk menstimulasi pasar kendaraan listrik. Sementara di negara kita, setelah terbit Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), belum ada perkembangan signifikan, baik dalam produksi maupun penjualan KBLBB dalam negeri, terutama mobil listrik murni (all electric car).