Arah Ekonomi Digital 2022
Pandemi dan pembatasan mobilitas mendorong perkembangan ekonomi digital, membuat konsumen maupun produsen ratusan langkah lebih maju dalam mengarungi era digital.
Adaptasi menjadi kata kunci dalam perkembangan ekonomi digital pada tahun 2020-2021. Pandemi dan pembatasan mobilitas mendorong proses ini, membuat konsumen maupun produsen ratusan langkah lebih maju dalam mengarungi era digital. Selama periode tersebut diperkirakan terjadi pertambahan 21 juta konsumen digital baru di Indonesia, membuat ekonomi internet di Indonesia diperkirakan membengkak menjadi senilai 70 miliar dollar AS (Google, Temasek, Bain&Company, 2021).
Tak hanya konsumen, produsen (pedagang), terus melakukan transformasi mengikuti tren digitalisasi yang ada. Diperkirakan 32 persen pelaku usaha Indonesia menggunakan platform digital untuk mendorong penjualan selama pandemi. Pelaku usaha yang melakukan digitalisasi mendapatkan penghasilan 8 persen lebih tinggi dibandingkan yang tidak (Prospera, 2021). Pendapatan usaha skala menengah yang menggunakan platform digital lebih besar 18 persen dibandingkan yang tidak menggunakan.