logo Kompas.id
OpiniArah Ekonomi Digital 2022
Iklan

Ekonomi Digital

Arah Ekonomi Digital 2022

Pandemi dan pembatasan mobilitas mendorong perkembangan ekonomi digital, membuat konsumen maupun produsen ratusan langkah lebih maju dalam mengarungi era digital.

Oleh
MUHAMMAD SYARIF HIDAYATULLAH
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/byp5oDO9Cqy9zF1i7RRtDqyVuYg=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2022%2F01%2FIlustrasi-opini-digital-arah-ekonomi-2022_1642339383.jpg
Kompas

Heryunanto

Adaptasi menjadi kata kunci dalam perkembangan ekonomi digital pada tahun 2020-2021. Pandemi dan pembatasan mobilitas mendorong proses ini, membuat konsumen maupun produsen ratusan langkah lebih maju dalam mengarungi era digital. Selama periode tersebut diperkirakan terjadi pertambahan 21 juta konsumen digital baru di Indonesia, membuat ekonomi internet di Indonesia diperkirakan membengkak menjadi senilai 70 miliar dollar AS (Google, Temasek, Bain&Company, 2021).

Tak hanya konsumen, produsen (pedagang), terus melakukan transformasi mengikuti tren digitalisasi yang ada. Diperkirakan 32 persen pelaku usaha Indonesia menggunakan platform digital untuk mendorong penjualan selama pandemi. Pelaku usaha yang melakukan digitalisasi mendapatkan penghasilan 8 persen lebih tinggi dibandingkan yang tidak (Prospera, 2021). Pendapatan usaha skala menengah yang menggunakan platform digital lebih besar 18 persen dibandingkan yang tidak menggunakan.

Editor:
Sri Hartati Samhadi, Yohanes Krisnawan
Bagikan

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 6 dengan judul "Arah Ekonomi Digital 2022".

Baca Epaper Kompas
Terjadi galat saat memproses permintaan.
Artikel Terkait
Belum ada artikel
Iklan