logo Kompas.id
โ€บ
Opiniโ€บZaman Gelap Industri Musik...
Iklan

Zaman Gelap Industri Musik Indonesia

Kerap kesulitan menemukan karya-karya musik baru. Pencarian bakat musik di televisi memang terus ada, tetapi sekadar hadir untuk meraih rating dan iklan, bukan dalam upaya membangun ekosistem musik yang lebih baik.

Oleh
ARIS SETIAWAN
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/jYFHPqhk0E2-zNytm_WWnGSm-D8=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F11%2F20211103-Opini-Digital-2_1635946650.jpg
Kompas

Heryunanto

Akhir-akhir ini saya, atau mungkin juga Anda, kerap kesulitan menemukan karya-karya musik baru. Apalagi jika musik itu mampu menjadi tanda sebuah zaman, semacam tembang kenangan, didengar kekal dan tetap enak untuk dinikmati kapan pun.

Jujur, dalam blantika musik pop, hari ini saya sangat merasa kurang pergaulan (kuper) karena tidak berhasil menemukan karya musik yang menurut saya โ€meledakโ€ sebagaimana waktu-waktu lampau. Karya musik baru bukannya tidak ada, melainkan tertimbun dengan berbagai kegaduhan bunyi lain yang lebih menyedot atensi.

Editor:
yovitaarika
Bagikan