logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊIndonesia di Mata Dunia
Iklan

Indonesia di Mata Dunia

Berdasarkan Digital News Report banyak pekerjaan yang harus dibereskan oleh media-media di Indonesia. Meski di tengah tekanan pandemi media harus berupaya melihat peluang untuk memperbaiki kondisi industri media.

Oleh
IGNATIUS HARYANTO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/S8pf6tn24koGdhk1oj6tyrfPbe0=/1024x1449/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2F20210715-Opini-7_1626358865.jpg

Tahun 2021 ini kali kesepuluh Reuters Institute mempublikasikan survei global terkait perkembangan media digital di dunia. Laporan yang dipublikasikan akhir Juni 2021 itu mencakup survei atas 46 negara di enam benua, dan tahun ini ada enam negara yang baru dimasukkan dalam survei, yaitu Kolombia dan Peru (Amerika), India, Indonesia, dan Thailand (Asia Pasifik), dan Nigeria (Afrika).

Inilah pertama kalinya Indonesia masuk dalam sorotan Digital News Report ini, berdasarkan alasan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia yang tahun ini mencapai 71 persen (dari total 276 juta penduduk). Survei yang sama tahun lalu memasukkan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina, sedangkan untuk tingkat Asia Pasifik lainnya adalah Australia, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan