logo Kompas.id
β€Ί
Olahragaβ€ΊCarlos Edriel Poquiz Yulo,...
Iklan

Carlos Edriel Poquiz Yulo, Keseimbangan Paripurna Raja Senam Asia Tenggara

Hidup Carlos Edriel Poquiz Yulo sebelumnya berat sebelah. Ia lantas mengambil keputusan besar yang membuatnya seimbang.

Oleh
I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA
Β· 0 menit baca
Carlos Edriel Yulo berpose dengan medali emas yang disabetnya di ajang Olimpiade Paris 2024 di Bercy Arena Paris, Perancis, Sabtu  (3/8/2024).
AFP/LIONEL BONAVENTURE

Carlos Edriel Yulo berpose dengan medali emas yang disabetnya di ajang Olimpiade Paris 2024 di Bercy Arena Paris, Perancis, Sabtu (3/8/2024).

Bagi seorang pesenam, menguasai keseimbangan adalah senjata dalam memenangkan lomba. Hidup Carlos Edriel Poquiz Yulo sebelumnya berat sebelah. Ia lantas mengambil keputusan besar, meninggalkan pelatih lamanya di Jepang dan pindah ke Filipina. Dengan itu, Yulo menciptakan keseimbangan dalam hidup sekaligus di atas arena yang berbuah emas Olimpiade Paris 2024.

Bukan hal yang mudah bagi Yulo meninggalkan Munehiro Kugimiya, pelatih yang membimbingnya selama hampir satu dekade di Jepang. Dari tempaan Kugimiya, Yulo mendapatkan banyak teknik sekaligus ilmu sebagai pesenam. Berbagai prestasi, mulai dari emas SEA Games, Kejuaraan Senam Asia, dan Kejuaraan Senam Dunia yang diraih Yulo tidak bisa dilepaskan dari andil Kugimiya.

Editor:
BUDI SUWARNA, DWI AS SETIANINGSIH
Bagikan