logo Kompas.id
β€Ί
Nusantaraβ€ΊSampah Bandung Terus Menumpuk,...
Iklan

Sampah Bandung Terus Menumpuk, Lahan Seluas 0,6 Hektar di TPA Sarimukti Dibuka Darurat

Lahan seluas 0,6 hektar ini mampu menampung sampah hingga 8.000 ton. Namun, area ini masih belum cukup menampung sampah yang terus menumpuk pascakebakaran di TPA Sarimukti selama hampir dua pekan terakhir.

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
Β· 1 menit baca
Foto udara kebakaran tumpukan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023).
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara kebakaran tumpukan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023).

BANDUNG, KOMPAS β€” Pemerintah mengoperasikan 0,6 hektar lahan Tempat Pembuangan Akhir Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, secara darurat pascakebakaran di TPA ini. Namun, lokasi ini masih belum mampu menampung tumpukan sampah di Bandung Raya, terutama Kota Bandung, yang terus bertambah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtyas di Bandung, Jumat (1/9/2023), menyebut, lokasi pembuangan sampah darurat ini berada di Zona 1 yang jauh dari titik api. Kapasitas tampung lahan darurat ini mencapai 8.689 ton atau setara dengan 2.069 ritase kendaraan angkutan sampah sebesar 12 meter kubik.

Editor:
SIWI YUNITA CAHYANINGRUM
Bagikan