logo Kompas.id
NusantaraBatik Solo Trans Gratiskan...
Iklan

Batik Solo Trans Gratiskan Tarif hingga Desember

Layanan Batik Solo Trans tetap bisa diakses gratis bagi masyarakat umum di Kota Surakarta hingga Desember. Ini berbeda dari ”buy the service” di kota-kota lain yang mulai menerapkan sistem berbayar per 31 Oktober 2022.

Oleh
NINO CITRA ANUGRAHANTO
· 1 menit baca
Armada dari Batik Solo Trans melintas di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (1/11/2022). Pemerintah Kota Surakarta tetap membebaskan biaya bagi penumpang umum untuk bus yang masuk pada skema layanan <i>buy the service</i> tersebut. Adapun pemerintah pusat mencabut subsidi yang menggratiskan layanan tersebut per 31 Oktober 2022.
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Armada dari Batik Solo Trans melintas di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (1/11/2022). Pemerintah Kota Surakarta tetap membebaskan biaya bagi penumpang umum untuk bus yang masuk pada skema layanan buy the service tersebut. Adapun pemerintah pusat mencabut subsidi yang menggratiskan layanan tersebut per 31 Oktober 2022.

SURAKARTA, KOMPAS — Layanan Batik Solo Trans di Kota Surakarta, Jawa Tengah, tetap bisa diakses gratis bagi masyarakat umum hingga Desember. Hal itu membuat Kota Surakarta menjadi satu-satunya daerah yang menerapkan bebas biaya tiket untuk jejaring layanan buy the service dari Kementerian Perhubungan. Berbeda dengan kota-kota lain yang mulai menerapkan sistem berbayar per 31 Oktober 2022.

Kementerian Perhubungan menerapkan skema buy the service untuk mendorong terciptanya layanan transportasi umum berbasis standar pelayanan minimal sejak 2020. Terdapat 10 kota yang dijangkau layanan tersebut, yaitu Kota Surakarta, Palembang, Yogyakarta, Denpasar, Bandung, Medan, Surabaya, Banjarmasin, Banyumas, dan Makassar. Di Kota Surakarta, skema buy the service diberikan lewat operasional Batik Solo Trans (BST).

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan