logo Kompas.id
β€Ί
Nusantaraβ€ΊUMKM di Jawa Barat Bidik...
Iklan

UMKM di Jawa Barat Bidik Peluang Baru di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Setelah terpuruk selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pandemi Covid-19, sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Barat membidik peluang ekonomi baru di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA/TATANG MULYANA SINAGA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/HkMMQqTQkicxAsa-KiLFy_CM5zY=/1024x764/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2FWhatsApp-Image-2019-10-08-at-19.31.49_1570541404.jpeg
KOMPAS/MELATI MEWANGI

Kain motif keramik plered dan manggis asal Wanayasa dipajang di Galeri Menong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019). Galeri ini secara khusus menjual berbagai produk UMKM lokal Purwakarta.

BANDUNG, KOMPAS β€” Setelah terpuruk selama pembatasan sosial berskala besar pandemi Covid-19, sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah di Jawa Barat membidik peluang ekonomi baru di masa adaptasi kebiasaan baru atau AKB. Pemanfaatan platform digital perlu dimaksimalkan untuk menjangkau pasar lebih luas.

Perekonomian puluhan pelaku usaha sablon di Muararajeun, Kelurahan Cihaurgeulis, Kota Bandung, misalnya, terganggu akibat Covid-19. Pesanan penyablonan kaus nyaris tidak ada dalam tiga bulan terakhir.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan