logo Kompas.id
โ€บ
Nusantaraโ€บWaspadai Lahar Hujan di...
Iklan

Waspadai Lahar Hujan di Sejumlah Gunung Api

Hujan berintensitas tinggi beberapa hari terakhir berpotensi memicu ancaman bencana di sekitar gunung berapi. Meski tidak memengaruhi aktivitas gunung api secara langsung, hujan lebat berpeluang menimbulkan lahar hujan.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Ub_GiZaeaTIA7lF_PTsxLuRCAHM=/1024x667/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2Fkompas_tark_4976848_1_2.jpeg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Warga melihat aliran Sungai Konto yang membawa sisa material batu dan pasir dari lahar hujan di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (19/2/2014).

BANDUNG, KOMPAS โ€” Hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir berpotensi memicu bahaya di sekitar gunung berapi. Meski tidak memengaruhi aktivitas gunung api secara langsung, hujan lebat berpeluang menimbulkan lahar hujan.

โ€Terutama untuk gunung api yang mempunyai material vulkanik cukup banyak, di antaranya Gunung Sinabung, Gunung Merapi, Gunung Agung, dan Gunung Semeru,โ€ ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kasbani di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/1/2020).

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan