logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊRestrukturisasi Pemikiran...
Iklan

Restrukturisasi Pemikiran Mahasiswa Hong Kong ala Beijing

Ribuan pelajar dan mahasiswa Hong Kong prodemokrasi menjadi kelompok yang paling dominan menentang kebijakan Pemerintah China. Kini, Beijing mencoba merestrukturisasi pemikiran pelajar dan mahasiswanya.

Oleh
Mahdi Muhammad
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/TJYkOnX6BJo9MsWv8FhM0Wnsnic=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2FHONG-KONG-CHINA-POLITICS-UNREST_82878689_1568033081.jpg
AFP/ANTHONY WALLACE

Pelajar, alumni, dan guru di Mid-Levels berpartisipasi membentuk rantai manusia di Hong Kong, 9 September 2019.

Pada Oktober lalu, ribuan mahasiswa Hong Kong berkumpul di aula kampus masing-masing. Di sana, mereka mendengarkan penjelasan tentang hukum dan Undang-Undang Keamanan Nasional yang diterapkan di Hong Kong sejak Juni 2020.

Di bawah sorotan kamera pengawas dan pantauan lensa kamera jarak jauh seorang fotografer, mereka mendengarkan penjelasan Alex Fan, pengacara pro-Beijing dan mantan pegawai Departemen Kehakiman Hong Kong. Menurut dua mahasiswa Universitas Baptis, para mahasiswa dijejali penjelasan tentang jenis pelanggaran yang bersinggungan dengan UU Keamanan Nasional. Itu termasuk pesan berantai dalam grup-grup percakapan yang bisa ditafsirkan penguasa sebagai pelanggaran keamanan serius dengan ancaman penjara seumur hidup.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan