logo Kompas.id
โ€บ
Internasionalโ€บKetegangan di Idlib Relatif...
Iklan

Ketegangan di Idlib Relatif Menurun

Suasana Idlib pasca-kesepakatan gencatan senjata Rusia-Turki tidak sepenuhnya tenang. Langit di atas kota itu memang digambarkan bebas dari pesawat-pesawat tempur Suriah dan Rusia yang kerap menebar serangan udara

Oleh
ยท 1 menit baca

ANKARA, JUMATโ€” Suasana Idlib pasca-kesepakatan gencatan senjata Rusia-Turki tidak sepenuhnya tenang. Langit di atas kota itu memang digambarkan bebas dari pesawat-pesawat tempur Suriah dan Rusia yang kerap menebar serangan udara mematikan. Tidak terdengar pula suara tembakan artileri Turki dan serangan pesawat nirawak yang menyasar posisi pasukan Presiden Bashar al-Assad.

Namun, pertempuran tentara Suriah melawan pemberontak kembali meletus pada Jumat (6/3/2020) di Jabal al-Zawiya dan menewaskan 15 orang. Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) mengatakan, korban tewas terdiri dari enam tentara Suriah dan milisi pendukungnya serta sembilan pemberontak dari Partai Islam Turkistan.

โ€Ada gencatan senjata, tetapi ada pelanggaran,โ€ kata Abdul Ghani al Sheikh, seorang milisi pemberontak dari kelompok Failaq Sham yang didukung Turki. Dia mengatakan, pasukan pemerintah menembaki Jabal al Zawiya dan Atareb yang terletak di selatan dan timur Idlib.

Editor:
Bagikan