logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊPuluhan Juta Pasangan Usia...
Iklan

Puluhan Juta Pasangan Usia Subur Berpotensi Ikut Program Keluarga Berencana

Sebanyak 47,6 juta pasangan usia subur di Indonesia saat ini tercatat berpotensi menjadi peserta program keluarga berencana. Di sisi lain, kehamilan tak diinginkan menjadi tantangan.

Oleh
PRADIPTA PANDU
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/wlrhM7bMPMPSDDk5AZR6LPTQkwY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2Fafbb77da-ab81-4ab9-9b80-2f0ece3d5512_jpg.jpg
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Warga menjalani pemeriksaan kesehatan dalam program keluarga berencana di Puskesmas Pondoh, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS β€” Penduduk Indonesia memiliki potensi untuk menerapkan program keluarga berencana karena angka pasangan usia subur yang cukup tinggi. Namun, berbagai faktor juga dapat menghambat program ini, seperti tingginya kejadian kehamilan tidak diinginkan.

Konsultan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi sekaligus Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Julianto Witjaksono mengemukakan, sebanyak 47,6 juta pasangan usia subur di Indonesia saat ini tercatat berpotensi menjadi peserta program keluarga berencana (KB). Program ini bertujuan mengatur, membatasi, atau mengakhiri kehamilan.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan