logo Kompas.id
Humaniora88 Kasus Mpox Teridentifikasi ...
Iklan

88 Kasus Mpox Teridentifikasi di Indonesia sejak 2022

Sebanyak 88 kasus ”monkeypox” terkonfirmasi di Indonesia. Upaya pencegahan dan deteksi dini terus diperkuat.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 0 menit baca
Foto yang diambil pada 16 Agustus 2022 ini menunjukkan seorang pasien menunjukkan tangannya yang terluka akibat infeksi virus <i>monkeypox</i>, di area isolasi pasien Mpox di rumah sakit Arzobispo Loayza, Lima, Peru.
AFP/ERNESTO BENAVIDES

Foto yang diambil pada 16 Agustus 2022 ini menunjukkan seorang pasien menunjukkan tangannya yang terluka akibat infeksi virus monkeypox, di area isolasi pasien Mpox di rumah sakit Arzobispo Loayza, Lima, Peru.

JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Kesehatan melaporkan, sejak 2022 hingga 2024 sudah ada 88 kasus Mpox yang teridentifikasi di Indonesia. Namun, setelah penetapan status kedaruratan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO belum ada kasus baru Mpox yang dilaporkan. Meski begitu, upaya penanganan mulai dari pencegahan di pintu masuk negara, pemeriksaan, hingga penanganan melalui pengobatan dan vaksinasi akan diperkuat.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Yudhi Pramono mengatakan, kasus terakhir Mpox yang terkonfirmasi di Indonesia dilaporkan pada pekan ketiga April 2024. Sejak saat ini belum ada lagi kasus baru yang dilaporkan.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan