Guru Didorong Terampil Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus
Belum semua guru berkompeten mengajar anak berkebutuhan khusus sehingga menghambat upaya perwujudan pendidikan inklusi.
JAKARTA, KOMPAS β Para guru diminta terus meningkatkan kompetensi agar mampu mengajar siswa-siswi yang memiliki karakter diri beragam, termasuk pada anak berkebutuhan khusus. Ini dilakukan demi menjawab tantangan zaman dan mewujudkan pendidikan yang inklusif.
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Aswin Wihdiyanto, mengakui bahwa belum semua guru di sekolah reguler kompeten mengajar anak berkebutuhan khusus. Mereka sering kesulitan mengajar dengan metode yang sama, sementara anak berkebutuhan khusus perlu perlakuan ekstra.