Kesiapan Guru Jadi Tantangan Kurikulum Merdeka
Perubahan kurikulum membawa harapan baru, tetapi memerlukan kesiapan guru untuk bertransformasi.
JAKARTA, KOMPAS β Perubahan kurikulum pendidikan nasional memberikan harapan untuk berfokus pada kualitas pembelajaran dan mengatasi kesenjagan capaian hasil belajar. Namun, perubahan kurikulum yang selama ini terjadi sering terkendala ketidaksiapan guru untuk secara berdaya dan merdeka mengimplementasikan pembelajaran holistik secara bermakna.
Dengan terbitnya Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, kurikulum nasional secara bertahap mulai tahun ajaran 2024/2025 akan berganti dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Ada transisi maksimal tiga tahun bagi sekolah untuk secara penuh mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sebagai acuan untuk mengembangan kurikulum tingkat sekolah sesuai kondisi dan kebutuhan sekolah.