Pelanggaran Promosi Susu Formula Sudah Sampai ke dalam Genggaman
Promosi susu formula sudah menyasar ke dalam genggaman konsumen melalui pesan singkat dan telepon langsung. Ini melanggar aturan.
JAKARTA, KOMPAS β Promosi produk-produk pengganti air susu ibu atau ASI di Indonesia masih banyak yang melanggar kode etik internasional pemasaran produk pengganti ASI. Bahkan, promosi itu sudah sampai ke dalam genggaman melalui pesan singkat secara personal. Industri makanan bayi dan anak kecil diminta untuk tertib aturan demi menyelamatkan generasi penerus.
Menurut data organisasi Pelanggarankode.org, ada sebanyak 1.230 pelanggaran yang dilaporkan masyarakat. Laporan terbanyak berasal dari DKI Jakarta (55 laporan), Jawa Timur (46 laporan), Jawa Barat (43 laporan), Banten (34 laporan), dan Jawa Tengah (26 laporan). Orang yang menjadi target pemasaran kebanyakan ibu-ibu, manajemen fasilitas kesehatan, dokter, dan tenaga kesehatan.