logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊIndustri Rokok Sasar Generasi ...
Iklan

Industri Rokok Sasar Generasi Muda Melalui Pemasaran Digital

Industri rokok berusaha melawan merosotnya tingkat konsumsi rokok dengan berinvestasi di berbagai perangkat pemasaran digital untuk menyasar anak muda.

Oleh
AHMAD ARIF
Β· 1 menit baca
Sukarelawan membawa poster bahaya rokok dalam kegiatan Plogging Cigarette Butt di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/5/2023). World Cleanup Day (WCD) Indonesia dan Yayasan Lentera Anak mengampanyekan dampak buruk rokok terhadap kesehatan dan lingkungan untuk menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati setiap tanggal 31 Mei.
ADRYAN YOGA PARAMADWYA

Sukarelawan membawa poster bahaya rokok dalam kegiatan Plogging Cigarette Butt di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/5/2023). World Cleanup Day (WCD) Indonesia dan Yayasan Lentera Anak mengampanyekan dampak buruk rokok terhadap kesehatan dan lingkungan untuk menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati setiap tanggal 31 Mei.

JAKARTA, KOMPAS β€” Laporan terbaru dari Vital Strategies menemukan bahwa industri rokok berusaha melawan kemerosotan tingkat konsumsi rokok secara global dan berbagai regulasi dengan berinvestasi dalam berbagai perangkat pemasaran digital tercanggih, seperti metaverse, siniar, dan karya seni non-fungible tokens atau NFT. Berbagai media baru tersebut sejauh ini belum teregulasi dan didominasi oleh audiens muda.

Laporan terbaru Vital Strategies ini merupakan bagian dari inisiatif Tobacco Enforcement and Reporting Movement (TERM) atau sistem pemantauan pemasaran rokok di media digital. Laporan memaparkan bukti-bukti tentang bagaimana perusahaan rokok mengeksploitasi berbagai platform digital. Bukti yang dilaporkan ini berdasarkan tinjauan dari media sosial dan situs digital lain di India, Indonesia, dan Meksiko.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan