logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บPencegahan Perundungan di...
Iklan

Pencegahan Perundungan di Sekolah Belum Efektif

Pencegahan perundungan di sekolah harus diperkuat. Perundungan bisa berdampak buruk kepada anak. Pembuatan regulasi saja tidak cukup.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
ยท 1 menit baca
Tim Satgas Antibullying Sekolah Dasar Negeri Tenggulunan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menunjukkan deklarasi <i>antibullying</i> di sekolah itu, Rabu (4/10/2023). Satgas ini bertugas memantau tindakan perundungan di sekolah, seperti mengolok, mengejek nama orangtua dengan kata-kata kasar, dan mengancam.
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Tim Satgas Antibullying Sekolah Dasar Negeri Tenggulunan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menunjukkan deklarasi antibullying di sekolah itu, Rabu (4/10/2023). Satgas ini bertugas memantau tindakan perundungan di sekolah, seperti mengolok, mengejek nama orangtua dengan kata-kata kasar, dan mengancam.

JAKARTA, KOMPAS โ€” Kasus perundungan siswa di satuan pendidikan terus berulang. Berbagai upaya pencegahan yang telah dilakukan dinilai belum efektif. Sekolah didorong membentuk tim pencegahan dan penanganan kekerasan.

Perundungan atau bullying merupakan satu dari tiga โ€dosa besarโ€ pendidikan, selain intoleransi dan kekerasan seksual. Tak jarang perundungan menyebabkan dampak yang serius terhadap korban.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan