logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บPeningkatan Mutu Layanan...
Iklan

Peningkatan Mutu Layanan Program JKN Butuh Komitmen Lintas Sektor

Layanan program JKN-KIS semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Peningkatan mutu layanan pun perlu dilakukan, baik terkait kemudahan, kecepatan, dan kesetaraan akses pelayanan.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
ยท 1 menit baca
Sardin (11) warga suku Baduy menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS, Sabtu (10/6/2023).
DEONISIA ARLINTA

Sardin (11) warga suku Baduy menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS, Sabtu (10/6/2023).

MARTAPURA, KOMPASโ€“ Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat semakin luas dimanfaatkan oleh masyarakat. Perbaikan mutu layanan pun menjadi fokus yang dilakukan. Akan tetapi, perbaikan tersebut diharapkan tidak terfragmentasi hanya di satu aspek layanan. Perbaikan harus dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan lintas sektor.

Data per 1 Oktober 2023 menunjukkan, cakupan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mencapai 264,5 juta jiwa atau 94,46 persen dari total penduduk di Indonesia. Ditargetkan pada 2024, jumlah peserta JKN-KIS bisa mencapai 98 persen dari populasi penduduk.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan