Jadi Pilar Transformasi Pendidikan, Guru Belum Dihargai dengan Layak
Guru jadi variabel penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Namun, penghargaan pada profesi guru belum maksimal.
JAKARTA, KOMPAS β Jika dunia ingin mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030, khususnya di tujuan mencapai pendidikan yang adil dan berkualitas, maka pendidikan memerlukan pedagogi yang relevan dan inovatif yang mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi transformasi di dunia yang berubah dengan cepat. Guru adalah salah satu pilar yang menjadi sandaran transformasi ini.
Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa guru adalah satu-satunya variabel tingkat sekolah yang paling penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pentingnya guru terhadap masa depan pendidikan ditegaskan kembali pada Konferensi Tingkat Tinggi Transformasi Pendidikan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun lalu, yang puncaknya ialah membentuk panel Tingkat Tinggi tentang Profesi Pengajar.