logo Kompas.id
Gaya Hidup”Phishing”, Modus Kuno yang...
Iklan

”Phishing”, Modus Kuno yang Makin Marak Selama Pandemi Covid-19

”Phishing” atau modus menipu warganet untuk mendapatkan informasi akun surel atau media sosial sudah ada sejak lama. Namun, di masa pandemi ini, penggunaan ”phishing” oleh para kriminal siber kian populer.

Oleh
SATRIO PANGARSO WISANGGENI
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/WvQsHllSJk1tC6ERz8nHB7canIs=/1024x574/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F03%2F1da04aa6-a8f5-4556-b04f-5ea75409b8cc_jpg.jpg
KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Tangkapan layar serang phishing yang menyaru sebagai notifikasi dari Microsoft Office-365, seperti yang terlihat pada Senin (1/3/2021). Calon korban diharapkan pelaku mengklik tautan ”Keep Current Password” untuk masuk ke laman situs phishing di mana informasi kredensial login milik target akan direkam.

JAKARTA, KOMPAS — Bersamaan dengan peningkatan aktivitas internet akibat pandemi Covid-19, jumlah serangan siber juga terus meningkat. Serangan phishing sudah dikenal sejak 1990-an, tetapi penggunaannya terus berubah mengikuti zaman dan kian populer sebagai modus serangan siber.

Salah satu serangan phishing melalui surel yang akhir-akhir ini beredar mengambil bentuk menyaru sebagai notifikasi resmi dari Microsoft kepada pelanggan layanan program Office-365.

Editor:
khaerudin
Bagikan