FotografiFoto CeritaBGS di WHO: 4 Hari, 40 Jurus
KOMPAS

BGS di WHO: 4 Hari, 40 Jurus

Anggaran negara terbatas, masalah kesehatan tak terhingga. Banyak cara perlu dilakukan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengambil banyak jurus untuk mengatasinya.

Oleh
SUTTA DHARMASAPUTRA
· 1 menit baca

Persoalan kesehatan yang menerpa republik ini, meski sudah merdeka hampir 80 tahun, masih sangat banyak. Tingkat harapan hidup masih rendah, masih tingginya angka kematian anak dan ibu, tingginya penularan penyakit infeksi, hingga masih banyak anak yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan karena kekurangan gizi yang kronis atau biasa disebut tengkes (stunting).

Banyak upaya radikal harus dilakukan untuk mengatasi hal itu secara cepat, baik itu dari sisi preemtif atau perencanaan kebijakan, preventif atau upaya pencegahan, maupun kuratif atau pengobatan, bahkan promotif agar tubuh lebih sehat dan kuat.

Sementara itu, anggaran negara dan daerah terbatas untuk mencukupi berbagai program yang perlu dilakukan. Belum lagi, terkait ketersediaan sumber daya manusia dan distribusinya, maupun penguasaan ilmu pengetahuan teknologi di bidang kedokteran yang kian hari maju sedemikian pesat.

Memuat data...
Memuat data...