logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊLebaran, Konsumsi Rumah Tangga...
Iklan

Lebaran, Konsumsi Rumah Tangga Didorong Kenaikan Transaksi Platform Perjalanan

Lebaran mendorong perputaran ekonomi. Namun, konsumsi rumah tangga ini hanya bersifat sementara.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
Β· 0 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/L5QWNK0p6FESe1yzdL8pX3XVklI=/1024x661/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F04%2F07%2Fb0d73ff6-f7b0-4a33-9175-e42ba50d3f7c_jpg.jpg

Lapak pedagang pakaian yang diserbu pengunjung untuk membeli baju baru menjelang Idul Fitri di Pasar Johar, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (7/4/2024). Musim libur panjang Lebaran ini mendorong perputaran ekonomi di berbagai sektor dari perdagangan retail barang dan jasa hingga pariwisata. Warga dalam sepekan ini akan menggunakan uang mereka untuk berbagai kebutuhan konsumtif selama libur Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS – Konsumsi rumah tangga berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal II-2024. Cairnya gaji dan tunjangan hari raya atau THR secara berdekatan mendukung konsumsi masyarakat. Hal ini tecermin dari kenaikan transaksi tiket transportasi, akomodasi, serta rekreasi di pelantar perjalanan daring.

Editor:
LARASWATI ARIADNE ANWAR
Bagikan