logo Kompas.id
EkonomiMal Ramai Dikunjungi, Warga...
Iklan

Mal Ramai Dikunjungi, Warga Manfaatkan Diskon Pemilu

Saya dapat banyak laporan tempat usaha ramai semua, penjualan naik. Salah satunya karena promo program ini.

Oleh
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA
· 3 menit baca
Warga memadati Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada hari diselenggarakannya pemilu, Rabu (14/2/2024). Sebagian dari mereka ikut menikmati program promo diskon jika menunjukkan jari kelingking yang sudah berwarna ungu tanda ikut pemilu.
KOMPAS/BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA

Warga memadati Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada hari diselenggarakannya pemilu, Rabu (14/2/2024). Sebagian dari mereka ikut menikmati program promo diskon jika menunjukkan jari kelingking yang sudah berwarna ungu tanda ikut pemilu.

JAKARTA, KOMPAS — Program promo diskon bagi konsumen dengan menunjukkan bekas tinta tanda sudah menggunakan hak suaranya atau Klingking Fun diserbu warga. Banyak pemilih memanfaatkan promo diskon itu untuk membeli barang kebutuhan.

Pantauan Kompas di Mal Kelapa Gading 1-5 di Jakarta Utara, Rabu, (14/2/2024), mal ramai dipadati warga. Mereka memadati berbagai gerai toko mulai dari busana, elektronik, aksesori, hingga camilan. Di koridor lorong pusat makanan (food court), meja dan kursi penuh dipadati pengunjung yang sedang makan atau hanya sekadar nongkrong saja.

Beberapa gerai toko terlihat memasang papan iklan promo diskon pemilu. Namun, sebagian lainnya tidak memasangnya. Konsumen perlu bertanya terlebih dahulu kepada petugas toko yang berjaga soal promo itu.

Toko-toko yang sengaja menampilkan promo diskon terlihat dipadati pengunjung. Diskon yang diberikan pun beragam mulai dari Rp 14.000. Ada pula yang memberikan diskon 14 persen.

Salah satu petunjuk promo pesta diskon Klingking Fun di salah satu pusat belanja ritel di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/2/2024).
KOMPAS/BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA

Salah satu petunjuk promo pesta diskon Klingking Fun di salah satu pusat belanja ritel di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/2/2024).

Salah satu pengunjung, Alvin (19), warga Cileungsi, Bogor, mengatakan senang sekali dengan adanya promo diskon ini. Ia memperoleh diskon hingga Rp 35.000 dari menyantap berbagai hidangan di Bakmi Naga.

”Untuk saya yang masih suka hidup berhemat, ini sangat bermanfaat,” ujar Alvin.

Awalnya ia tidak mengetahui ada promo diskon pemilu ini. Ia dan teman-temannya hanya pergi ke mal pada hari libur. Untungnya tadi pagi mereka sudah menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.

”Harapannya ini tidak cuma saat pemilu presiden saja, tapi kalau bisa saat pilkada kota atau provinsi sekalian. Biar lebih sering ada promo diskonnya,” ujarnya.

Ketua Program Klingking Fun Fetty Kwartati mengatakan, program Klingking Fun diyakini akan bisa mendongkrak penjualan ritel pada hari dilaksanakannya pemilu. ”Program ini bisa berlangsung hari ini, jadi data lengkap hasil penjualan program ini masih terus berubah. Saya dapat banyak laporan tempat usaha ramai semua, penjualan naik. Salah satunya karena promo program ini,” ujar Fetty ditemui dalam kunjungan program Klingking Fun, di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu.

Iklan
Warga memadati Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada hari diselenggarakannya pemilu, Rabu, (14/2/2024). Sebagian dari mereka ikut menikmati program promo diskon apabila menunjukkan kelingkingnya yang berwarna ungu tanda ikut pemilu.
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA

Warga memadati Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada hari diselenggarakannya pemilu, Rabu, (14/2/2024). Sebagian dari mereka ikut menikmati program promo diskon apabila menunjukkan kelingkingnya yang berwarna ungu tanda ikut pemilu.

Seperti diketahui program Klingking Fun adalah program promo diskon yang diberlakukan pengusaha yang berada di bawah 3 asosiasi sekaligus, yakni Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo). Program promo diskon ini berlaku bagi konsumen yang bisa menunjukkan kelingkingnya yang berwarna hitam tanda sudah memberikan suaranya pada pemilu.

Adapun promo diskon diberlakukan pada hari ini saja. Besaran diskonnya beragam tergantung dari perhitungan masing-masing pedagang. Promo ini diberlakukan pada 800 merek produk ritel mulai dari makanan & minuman, busana, elektronik, dan lain-lain.

Penjualan naik.

Ini merupakan kali kedua promo ini diberlakukan setelah pertama pada pemilu 2019. Saat itu ada 200 merek yang terlibat, kini jumlahnya meningkat jadi 800 merek.

”Tahun lalu promo ini bisa meningkat omzet 3-10 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Tahun ini tentu dengan jumlah merek yang terlibat lebih banyak tentu harapannya penjualannya bisa meningkat,” ujar Fetty.

Ketua Program Klingking Fun Fetty Kwartati (kedua dari kanan) bersama Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Mualim Wijoyo (kiri), Vice President Director PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula (kedua dari kiri), dan pemilik Bakmi Naga Susanty Widjaya dalam jumpa pers program Klingking Fun, di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/2/2023). Program Klingking Fun adalah program pesta promo diskon bagi konsumen apabila menunjukkan kelingkingnya yang bertinta ungu.
KOMPAS/BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA

Ketua Program Klingking Fun Fetty Kwartati (kedua dari kanan) bersama Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Mualim Wijoyo (kiri), Vice President Director PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula (kedua dari kiri), dan pemilik Bakmi Naga Susanty Widjaya dalam jumpa pers program Klingking Fun, di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/2/2023). Program Klingking Fun adalah program pesta promo diskon bagi konsumen apabila menunjukkan kelingkingnya yang bertinta ungu.

Vice President Director PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula mengatakan, pihaknya memberikan promo diskon pada 20.000 barang yang dijual di 228 toko Erajaya grup di seluruh Indonesia. Adapun produk yang mendapat promo mulai dari ponsel, barang elektronik, hingga aksesori. Besaran diskon beragam tergantung dari produknya.

Ia menjelaskan, program ini diyakini akan meningkatkan penjualannya. ”Hari ini banyak pegawai yang dapat hari libur. Mereka bisa berbelanja seusai melaksanakan pemilu. Dan konsumen ternyata banyak memanfaatkannya dengan pembelian barang elektronik,” ujar Hasan.

Hal senada juga dirasakan oleh Susanty Widjaya. Pemilik dari Bakmi Naga ini menjelaskan, penjualan makanan dan minumannya juga meningkat. ”Penjualan hari ini masih berlangsung jadi datanya belum tersedia. Tapi dari pagi sampai sore ini ramai terus,” ujar Susanty.

Baca juga: Ya Imlek, Ya Belanja! Ya Coblos Pemilu, Ya Belanja!

Sebelumnya, pengamat Pemasaran Yuswohady menjelaskan, promo diskon pemilu ini sangat baik mendorong belanja karena ada unsur emosional konsumen yang dimainkan. Dengan dorongan insentif diskon dan gegap gempita pemilu, warga ingin ikut serta dalam pesta demokrasi.

"Pihak pengelola mal mendorong aspek emosional konsumen atas suatu selebrasi tertentu. Ini didorong rangsangan insentif diskon yang diberikan," ujar Yuswohady.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan