logo Kompas.id
›
Ekonomi›Boikot Jadi Efektif
Iklan

INOVASI BISNIS

Boikot Jadi Efektif

Pebisnis perlu mengubah orientasi mereka dalam memandang masalah-masalah yang berkaitan dengan hubungan internasional.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 0 menit baca
Para demonstran memegang spanduk saat aktris dan aktivis Amerika Serikat, Cynthia Nixon (tidak terlihat), bergabung dengan legislator negara dan aktivis, meminta gencatan senjata permanen di Gaza, di depan Gedung Putih di Washington DC, AS, pada 27 November 2023.
AFP/JIM WATSON

Para demonstran memegang spanduk saat aktris dan aktivis Amerika Serikat, Cynthia Nixon (tidak terlihat), bergabung dengan legislator negara dan aktivis, meminta gencatan senjata permanen di Gaza, di depan Gedung Putih di Washington DC, AS, pada 27 November 2023.

Konflik Israel-Hamas belum berakhir. Balasan Israel yang direspons dengan tindakan boikot oleh masyarakat internasional terhadap mereka yang dinilai mendukung Israel ternyata efektif. Perubahan cara pandang publik internasional dan kehadiran media sosial menjadikan kelompok penekan sangat efektif menyuarakan pendapat dan membuat pengaruh. Pebisnis perlu mengubah orientasi mereka dalam memandang masalah-masalah yang berkait dengan hubungan internasional.

Sering aksi boikot kerap menjadi jargon semata dan berakhir tanpa hasil yang riil. Namun, aksi boikot terhadap sejumlah produk yang dituduh mempunyai afiliasi atau mendukung Israel dalam konflik dengan Hamas yang terbaru ternyata efektif. Setidaknya Starbucks dan McDonald’s mengakui terdampak gerakan itu di sejumlah negara. Secara global, gerakan seperti ini diinisiasi oleh Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS) yang didirikan pada 9 Juli 2005. Gerakan ini merupakan upaya terakhir untuk memperjuangkan hak-hak Palestina dan merupakan gerakan non-kekerasan.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Terjadi galat saat memproses permintaan.
Memuat data...
Memuat data...