logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊBank Berbasis Layanan Digital ...
Iklan

Bank Berbasis Layanan Digital Optimistis Bisa Tumbuh Signifikan

Dengan bantuan teknologi, bank-bank digital berkolaborasi dengan ekosistem digital dalam menjalankan fungsi intermediasinya.

Oleh
AGUSTINUS YOGA PRIMANTORO
Β· 1 menit baca
Ilustrasi digitalisasi
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Ilustrasi digitalisasi

JAKARTA, KOMPAS β€” Sampai triwulan III-2023, sejumlah bank berbasis teknologi digital mampu mencatatkan kinerja positif yang salah satunya ditopang oleh kolaborasi dengan ekosistem digital. Ke depan, bank-bank digital optimistis mampu menorehkan pertumbuhan dua digit dengan mengoptimalkan ekosistem digital dan menjawab kebutuhan nasabah dalam beraktivitas sehari-hari.

Sebagai informasi, secara regulasi, tidak ada dikotomi antara bank digital dan bank konvensional. Semuanya masuk kategori bank umum. Bedanya, bank yang disebut-sebut sebagai bank digital cenderung berfokus pada layanan yang hampir 100 persen berbasis kanal digital. Di sisi lain, terdapat bank-bank konvensional yang memiliki dua kanal distribusi layanan, yakni secara fisik melalui keberadaan kantor cabang dan secara nonfisik melalui layanan digital.

Editor:
MUHAMMAD FAJAR MARTA
Bagikan