Urusan Toilet hingga Kebugaran
Kita makin menyadari bahwa inovasi tidak harus bermula dari hal-hal besar dan mencengangkan. Semua ini sangat mungkin muncul karena kultur inovasi yang terbentuk dari proses panjang di perusahaan.
Saat kita hendak bepergian, tidak sedikit di antara kita yang tiba-tiba ingin ke toilet untuk kencing atau setidaknya merasa harus kencing. Situasi seperti ini juga muncul saat kita hendak masuk ke pesawat. Akan tetapi, karena buru-buru, biasanya kita memilih mencari toilet di pesawat. Sedikit yang menyadari bahwa pilihan itu kerap merepotkan penumpang lain dan juga awak kabin. Ternyata, inovasi kecil bisa menyelesaikan masalah ini.
Maskapai Japan Airlines (JAL) yang pernah diputuskan bangkrut dan kemudian bangkit melakukan inovasi sepele. Menjelang penumpang masuk, mereka membuat pengumuman agar penumpang yang ingin ke toilet disarankan segera ke toilet. Pengumuman seperti ini mencegah masalah keribetan menjelang pesawat lepas landas dan juga membuat penumpang bisa bergegas ke toilet sebelum naik pesawat sehingga tidak membikin repot mereka yang berada di dalam pesawat menjelang lepas landas.