Belanja Iklan Televisi Masih Belum Pulih
Kendati tingkat kepemirsaan siaran televisi digital mulai mendekati jumlah sebelum migrasi penyiaran, belanja iklan ke televisi disebut belum pulih. Selain faktor migrasi, pemasangan iklan ditentukan situasi ekonomi.
JAKARTA, KOMPAS ββ βTingkat kepemirsaan siaran televisi digital secara nasional, sesuai pengukuran Nielsen Indonesia, berangsur-angsur pulih seperti sebelum terjadi migrasi penyiaran dari analog ke digital terestrial. Kendati demikian, membaiknya belanja iklan televisi masih menjadi tantangan.
Migrasi penyiaran dari analog ke digital terestrial atau analog switch off (ASO) merupakan program pemerintah. Realitasnya, pelaksanaan ASO berlangsung secara bertahap dimulai dari 11 kota besar yang biasa jadi pengukuran Nielsen Indonesia. Per 2 November 2022, ASO dilakukan di sekitar Jakarta. Lalu pada 2 Desember 2022 di Bandung, Semarang, sekitar Yogyakarta, Surakarta, Batam, dan Kepulauan Riau. Selanjutnya, per 20 Desember 2022 di Surabaya, 20 Maret 2023 sekitar Banjarmasin, serta 31 Maret 2023 di Palembang dan sekitar Denpasar.