logo Kompas.id
EkonomiMobilitas Masyarakat...
Iklan

Mobilitas Masyarakat Meningkat, Lokapasar Gencarkan ”Omnichannel”

Perusahaan e-dagang, seperti Blibli, yang mulanya murni menyediakan layanan penjualan barang secara daring, kini semakin masif menguatkan bisnis ”omnichannel” atau berjualan secara daring dan luring.

Oleh
MEDIANA
· 0 menit baca
Blibli mengakuisisi supermarket Ranch Market pada September 2021 untuk menunjang strategi perusahaan bertransformasi sepenuhnya ke bisnis <i>omnichannel</i>.
MEDIANA

Blibli mengakuisisi supermarket Ranch Market pada September 2021 untuk menunjang strategi perusahaan bertransformasi sepenuhnya ke bisnis omnichannel.

JAKARTA, KOMPAS — Pendekatan penjualan daring ke luring dan sebaliknya atau omnichannel dinilai semakin sejalan dengan perilaku konsumen yang kembali aktif berbelanja secara luring tanpa meninggalkan kebiasaan belanja daring seusai pandemi Covid-19. Perusahaan lokapasar di Indonesia berusaha menerapkan pendekatan seperti itu secara masif.

PT Global Digital Niaga Tbk, pengelola lokapasar Blibli, misalnya, mencatat kerugian bersih Rp 883,6 miliar pada triwulan I-2023. Angka itu turun 17 persen dibandingkan dengan setahun sebelumnya yang tercatat rugi Rp 1,07 triliun. Salah satu faktor pendorong turunnya rugi bersih adalah kenaikan pendapatan neto perusahaan sebesar 21 persen atau dari Rp 3,16 triliun pada triwulan I-2022 menjadi Rp 3,83 triliun pada triwulan I-2023.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan