logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊPasar Kaum Introver
Iklan

Pasar Kaum Introver

Layanan bagi konsumen dengan kepribadian ekstrover terus-menerus ditampilkan, antara lain berupa materi promosi adegan pesta sebagai tempat nyaman. Sebaliknya, pasar bagi kaum introver terkesan terabaikan.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GcqqTGp7C5K-qUfPziVGFUOIFxk=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F05%2F19%2Ff7c90dee-6e4f-4a32-89d2-fd3773f0ce6d_jpg.jpg

Beberapa waktu lalu, Grab di Malaysia, Vietnam, dan Filipina mengetes layanan perjalanan sunyi atau disebut quiet riding. Obrolan antara pengemudi dan pengguna sangat minim sesuai dengan permintaan pengguna melalui aplikasi. Perbincangan mungkin sesuai kebutuhan saja. Layanan makin personal. Kebutuhan orang per orang makin dipenuhi oleh perusahaan.

Grab mungkin saja melihat bahwa kebutuhan privasi makin tinggi. Orang tidak ingin diketahui lebih dalam melalui perbincangan. Toh, yang mereka butuhkan adalah pengantaran.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan