Inovasi dan Kreativitas Kunci Daya Saing Produk Kerajinan Indonesia
Inovasi dan kreativitas menjadi kunci peningkatan daya saing produk kerajinan Indonesia agar diterima di pasar domestik ataupun global. Hal ini dibutuhkan agar perajin atau pelaku industri kerajinan mampu terus bertahan.
JAKARTA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 yang dialami dua tahun lebih terakhir menjadi ujian bagi para pelaku industri kerajinan di Indonesia. Namun, para perajin tidak boleh menyerah dan pasrah terhadap keadaan. Para perajin atau pelaku industri kerajinan mesti tetap semangat, kreatif berinovasi, dan terus meningkatkan daya saing produknya agar mampu bertahan di masa pandemi.
Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pun mendorong pengembangan pelaku usaha kriya yang salah satunya diwujudnyatakan melalui penyelenggaraan Pameran Kriyanusa Tahun 2022. Tema yang diusung pada pameran kali ini pun disesuaikan dengan kondisi sekarang, yakni ”Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing”.